Fakta Mengenai Orang-orang Yang Berumur Seratus Tahun

elderly man (myhealthnewsdaily.com)

 

Apabila ada orang yang masih hidup dengan umur di atas 100 tahun bisa dikatakan sebuah prestasi. Berikut  adalah beberapa fakta tentang orang-orang yang berumur ratusan tahun :

1. Para ilmuwan semakin  menemukan bukti bahwa gen memainkan peran penting dalam mendorong jangka  hidup orang sampai berumur  90-an tahun bahkan bsa lebih. Umur yang sangat panjang dapat  dijalankan dalam keluarga karena berkaitan dengan faktor genetik.

2. Di negara maju, prevalensi orang yang berumur seratus  tahun  sekitar satu diantara enam ribu orang. Mereka yang mencapai umur 110 tahun atau lebih bisa dikatakan Supercentenarian walaupun jarang tetapi prevalensinya sekitar satu diantara tujuh juta orang di seluruh dunia yang  hidup selama ini.

3. Ada pepatah lama yang mengatakan ” Jika Anda hidup sampai 80 tahun,  maka semakin besar  kemungkinan Anda akan hidup sampai 100 tahun “.  Sebenarnya ada  beberapa ilmu tentang hal ini. Beberapa  orang sepertinya tidak jatuh sakit dengan cara kebanyakan  orang.  Banyak orang yang berumur seratus tahun jarang terkena penyakit  selama beberapa dekade, tetapi tampaknya lebih sering menderita demensia, penyakit jantung dan hipertensi, sampai mendekati  akhir hidup mereka. Menurut Tom Perls dari Boston University School of Medicine, yang mempelajari  orang-orang yang berumur seratus tahun (centenarian), rata-rata orang yang berumur seratus tahun dapat menunda penyakit sampai umur  93 tahun

4. Mayoritas orang yang berumur seratus tahun kebanyakan perempuan  yang bisa mencapai 85 persen. Para ilmuwan masih tidak tahu mengapa wanita hidup  lebih lama dibandingkan dengan pria.

5. Menariknya, meskipun  lebih banyak wanita berumur 100 tahun dahulu tapi para pria  yang bertahan sampai usia tua ini cenderung  menjadi bugar dan sehat daripada rekan-rekan wanita mereka. Menurut Perls,  hal ini mungkin karena wanita  lebih mampu  menghadapi  penyakit  sehingga mereka dapat mengembangkan suatu  makanan dan masih bertahan hidup.  Sedangkan pria lebih rentan terhadap  kematian akibat penyakit. Jadi  para pria yang hidup sampai usia yang sangat tua harus relatif sehat  untuk bertahan hidup.

6. Perls mengatakan bahwa tidak ada satu wilayah di dunia yang   memiliki  kelimpahan orang-orang yang berumur seratus tahun meskipun Perls mencatat perlu adanya penelitian lebih lanjut tentang topik ini.

7. Orang tertua di dunia yang telah dikonfirmasi  adalah  Jeanne Calment dari  Perancis, yang meninggal pada tahun  1997 dengan umur  122 tahun.

 

Tulisan ini terjemahan dari Who Lives to 100? Centenarian Facts

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s