Soda Dan Jus Buah Dapat Meningkatkan Resiko Encok Pada Wanita

carb-fighter-online.com

 

Sebuah studi baru yang  diterbitkan oleh  Journal of American Medical Association edisi 24 November 2010 dan didanai oleh National Institutes of Health telah  menemukan bahwa minum jus jeruk, soda dan minuman lain dengan kadar gula fruktosa yang tinggi  dapat meningkatkan sedikit resiko terkena rematik (encok) pada wanita berusia  menengah dan  tua. Rematik (encok) adalah suatu bentuk radang sendi yang  disebabkan oleh terlalu tingginya kadar asam urat dalam darah.

Bagi wanita  dalam studi tersebut yang minum soda manis dan jus dengan porsi   dua atau lebih per hari  beresiko terkena rematik (encok) dua kali lipat dibandingkan dengan wanita yang minum  kurang dari sekali per bulan.

Karena encok  relatif jarang pada wanita maka ada kemungkinan minuman  hanya memberikan  sedikit berkontribusi bagi  seorang wanita terkena encik. Namun ini adalah studi pertama yang menghubungkan soda dan jus buah manis dengan risiko terkena encok bagi wanita. Penelitian sebelumnya menemukan adanya kaitan dengan  pria.

Encok  terjadi ketika kadar asam urat dalam darah menjadi terlalu tinggi dan mengkristal di sekitar sendi, yang menyebabkan peradangan, pembengkakan dan nyeri. Menurut Mayo Clinic, beberapa makanan  yang dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah diantaranya  daging organ (seperti ginjal dan hati), asparagus dan jamur. Fruktosa juga dikenal dapat meningkatkan kadar asam urat dalam  darah.

Di Amerika Serikat, encok tidak umum terjadi  tetapi selama 20 tahun ini telah terjadi peningkatan kasus encok  sebanyak lebih dari dua kali lipat yaitu mulai  dari 16 kasus per 100.000 orang Amerika pada tahun 1977 menjadi  42 kasus per 100.000 pada tahun 1996.  Selama periode ini  para peneliti mencatat adanya peningkatan konsumsi soda dan minuman mengandung fruktosa oleh penduduk Amerika Serikat.

msnbc.msn.com

 

Studi baru mengikutkan 78.906 orang wanita dan dilakukan pengamatan  selama 22 tahun (1984-2006)  sebagai bagian dari Nurses ‘Health Study. Pada awal penelitian, tidak ada wanita yang mempunyai kadar  asam urat tetapi pada akhirnya berkembang menjadi 778 orang wanita yang mempunyai kadar asam urat.

Wanita yang minum satu porsi soda per hari akan terkena encok sekitar   1,74 kali lebih besar dibanding mereka yang minum kurang dari satu porsi per bulan. Mereka yang minum dua atau lebih porsi per hari  akan terkena encok  sekitar 2,4 kali lebih. Para peneliti mengatakan bahwa wanita yang mengkonsumsi minuman soda  dua atau lebih porsi  per hari menyebabkan tambahan 68 kasus encok  per 100.000 wanita per tahun, dibandingkan dengan mereka yang hanya  minum kurang dari satu porsi soda per bulan.

Minum jus jeruk juga dapat meningkatkan risiko encok. Wanita yang minum satu porsi jus jeruk per hari kemungkinan terkena encok sekitar 1,41 kali lebih dan mereka yang minum dua atau lebih porsi kemungkinan terkena encok sekitar  2,4 kali lebih.

Peneliti Dr Hyon K. Choi dari Boston University School of Medicine menyatakan bahwa kenaikan  kasus encok   kemungkinan besar disebabkan oleh  perubahan gaya hidup,  diet dan peningkatan dalam kondisi yang terkait dengan encok , seperti sindrom metabolik. Para peneliti juga  memperhatikan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi temuan seperti usia, indeks massa tubuh dan menopause pada wanita. Hasil penelitian  menyarankan diet untuk mencegah encok dengan mengurangi asupan fruktosa.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s