7 Jenis Makanan Terbaik Untuk Bertahan Hidup

Pernahkah kita membayangkan kalau suatu waktu terdampar di sebuah pulau ? Jenis makanan apa saja  yang ada di dalam pikiran kita sehingga dapat menyelamatkan diri dan tetap bertahan hidup.

Jika kita ingin bertahan hidup dalam  waktu yang lama di sebuah pulau terpencil tidak hanya  mendengarkan tujuh CD favorit ,  membaca  tujuh buku top, menonton  tujuh film unggulan  dan melakukan hal-hal lain yang kita inginkan tetapi membutuhkan pola makan yang sehat.

Pola makan di setiap negar berbeda-beda,  organisasi kesehatan AS menyarankan untuk memakan lima porsi buah dan sayuran sehari. Di Denmark jumlahnya ada enam dan yang keenam itu adalah SEKS. Masyarakat Denmark selalu mengkampanyekan  “seks setiap hari (sex every day) “. Sementara itu di  Jepang disarankan untuk makan 30 jenis makanan yang berbeda setiap hari.

Tetapi sebenarnya yang dinamakan makanan yang sehat adalah makanan yang memenuhi  unsur makro (protein, karbohidrat dan lemak) dan mikronutrien (vitamin dan mineral). Ada 7 jenis makanan yang dapat membuat kita dapat bertahan hidup di sebuah pulau terpencil. Berikut adalah rangkuman tulisan Christopher Wanjek, Kolumnis  Bad Medicine Livescience’s yang telah diterjemahkan secara bebas dengan tujuan dapat memberikan manfaat bagi yang membacanya.

 

Kacang-kacangan

Mature soybeans, sitting within their pod. Credit: USDA

 

Seperti berry,  sebagian kacang-kacangan  mengandung gizi yang sangat tinggi. Hitam (penyu), merah (ginjal), belang-belang  (pino) dan kedelai oleh banyak ahli gizi disebut Superfood. Hal ini mungkin akan menjadi sumber kalsium dan zat besi terbaik  yang dapat ditemukan di sebuah pulau. Kacang adalah makanan serbaguna dan dapat bertahan dalam waktu yang lama dalam kondisi kering. Dan jika sendirian di  sebuah pulau, mengapa  harus khawatir dengan  perut kembung?

Kubis (Kale)

Credit: Justin Jernigan

 

Sebagian besar sayuran berdaun hijau baik untuk kesehatan. Kangkung sangat kaya vitamin, mineral dan serat. Kita  bisa merebus batang untuk dijadikan kaldu sayuran sederhana. Kale adalah  kubis liar dan sepupu dekat brokoli, kubis Brussel, kembang kol, kubis, collard, kohlrabi, sawi dan rapini.

Blewah (cantaloupe)

Credit: stock.xchng

 

Seperti berry, blewah (cantaloupe) mempunyai rasa enak dan bergizi. Meskipun mempunyai sedikit kadar gula, blewah adalah  sumber vitamin A dan C serta  kalium yang sayang untuk dilewatkan. Dengan  indeks beban glikemik dan lemak yang lebih rendah membuat blewah  sedikit lebih baik daripada pisang.

Berry

Credit: Ohio State University.

 

Misalnya Blueberry, Raspberry, Berry Serigala yang mudah diperoleh . Beberapa makanan cocok dengan berry dalam hal rasa, kandungan vitamin dan potensi antioksidan. Ditambah kiwifruit yang biasa disebut  gooseberry Cina (nama pasarnya) memiliki vitamin C lebih banyak dari jeruk dan  potasium sebanyak pisang. Tetapi waspadalah terhadap berry beracun seperti Holly, Franken Berry dan Boo Berry.

Jelai (Barley)

Credit: USDA

 

Adakah biji-bijian yang lebih seksi daripada gandum ? Jawabannya adalah jelai. Jelai termasuk keluarga  biji-bijian yang memiliki kandungan gizi yang lebih baik daripada  gandum dan biji-bijian  lainnya. Jelai  dapat menurunkan kadar LDL (kolesterol buruk)  dan meningkatkan HDL (kolesterol baik). Seperti biji-bijian lain, jelai mengandung  vitamin esensial (seperti niacin dan vitamin B lainnya) dan mineral (mangan dan selenium) yang dinyatakan tidak begitu banyak dimiliki oleh  buah-buahan. Dan jika ternyata kita tinggal cukup lama di sebuah pulau maka kita dapat membuat  beberapa  minuman seperti  bir atau wiski.

Rumput laut

A kelp rockfish hangs in the water column in a kelp forest in Anacapa Island Landing Cove in the Channel Islands National Marine Sanctuary. Credit: NOAA

 

Dimana ada laut maka pasti ada rumput laut. Bahkan dalam kondisi malaspun  kita dapat memanennya dengan hanya mencuci saja. Kelp, alaria dan laver (Kombu, Wakame dan Nori dalam masakan Jepang) adalah jenis rumput laut yang  paling umum ditemui di sekitar laut. Hampir semua jenis  rumput laut tersebut dapat dimakan. Rumput laut  sarat dengan vitamin dan mineral. Dalam kondisi  kering rumput laut bisa awet selama berbulan-bulan. Rumput laut merupakan bagian rutin dari makanan Asia dan sebagian besar rumah tangga di  Jepang memiliki empat atau lima macam rumput laut. Bahkan jika kita tidak suka sushi, tanpa disadari  kita dapat  makan rumput laut dalam bentuk  es krim. Lumut Irlandia (karagenan) adalah agen penebalan.

 

Ikan

credit: stock.xchng

 

Kemungkinan kita  memperoleh  ikan di sekitar pulau sangatlah besar. Apalagi kalau ada sungai yang mengalir dan bermuara ke laut  memiliki salmon, maka dapat dikatakan kita benar-benar beruntung. Salmon kaya  asam lemak omega-3 yang baik bagi jantung. Setiap ikan adalah sumber lemak dan protein yang baik dan menyehatkan. Kita bisa langsung mengkonsumsi ikan dalam kondisi mentah apabila tidak ada sumber api untuk memasaknya. Jika kita   tidak  menemukan  produk makanan hewani  lain ke sebuah pulau, maka ikan dapat  menjadi satu-satunya sumber vitamin B12.

4 thoughts on “7 Jenis Makanan Terbaik Untuk Bertahan Hidup

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s