Peran Orang Tua Mempengaruhi Anak Menjadi Seorang Pengusaha

Coba pikirkan kembali apakah  keputusan kita untuk memiliki bisnis  sendiri adalah benar-benar memang keputusan sendiri ? Mungkin tidak. Penelitian baru menemukan bahwa orangtua  memiliki lebih banyak kaitannya dengan pilihan karir kita  daripada yang kita pikirkan. Penelitian   yang  dipublikasikan oleh  Child Development Perspectives edisi Desember 2010 ini    menunjukkan bahwa keputusan  seorang anak ternyata ditentukan  oleh sebagian besar keputusan sehari-hari  yang dibuat oleh orang tua yang telah membimbing pertumbuhannya.

 

Success as an entrepreneur (kingdomstrategist.com)

Sementara itu  peneliti sebelumnya telah menentukan bahwa kecenderungan karir kita  merupakan  warisan genetik dan  yang lainnya mengatakan bahwa kekuatan pendorong adalah pendidikan  dan ajaran  yang  didapatkan dari orang tua. Atau berdasarkan sebuah teori baru perkembangan anak yang merupakan penggabungan kedua model di atas dalam model lintasan  (Trajectory) perjalanan hidup atau karir. Psikolog George Holden dari Southern Methodist University di Dallas yang melakukan penelitian mengatakan model ini  membantu untuk menyelesaikan perdebatan pengasuhan anak.

Holden melakukan hipotesa bahwa  orang tua yang membimbing perkembangan anak mereka dibagi dalam  empat cara yang kompleks dan dinamis :

1. Orang tua mulai   mengarahkan anak  dalam jalur perkembangan pilihan berdasarkan    preferensi orang tua atau observasi karakteristik  dan kemampuan anak, seperti mendaftarkan anak  di kelas khusus,  mengekspos anak  kepada orang lain  dan lingkungannya, atau membawa  anak untuk praktek atau belajar.

2. Orang tua  mendukung kemajuan anak  dengan dorongan dan pujian, dengan memberikan bantuan materi seperti buku, peralatan atau les, dan dengan mengalokasikan waktu untuk berlatih atau berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan tertentu.

3. Orangtua menjadi penengah dimana  mempengaruhi  anak  untuk  melihat dan mengerti perjalanan hidupnya, membantu anak untuk  menghindari lintasan negatif dalam perjalanan hidupnya dengan mempersiapkan anak untuk   menangani masalah-masalah potensial.

4. Sejak awal  orang tua selalu  bereaksi terhadap lintasan perjalanan hidup anak.

Lintasan (Trajectory) perjalanan hidup  adalah sebuah penggambaran yang berguna untuk memikirkan perkembangan karir sehingga  kita dengan mudah dapat memvisualisasikan konsep-konsep seperti “jalan memutar (detour)” “hambatan (roadblock)” dan “jalan menurun (off-ramp)”.

Holden menjelaskan bahwa jalan memutar adalah peristiwa transisi yang dapat mengarahkan jalur seperti perceraian. Hambatan adalah  kejadian atau perilaku yang menutup lintasan potensial seperti kehamilan remaja, yang dapat memblokir jalur pendidikan. Jalan menurun adalah lintasan yang keluar dari lintasan  positif seperti penyalahgunaan obat, kekerasan terhadap anak atau bergabung dengan  geng.

Holden juga mengatakan ada cara lain bagi orang tua  mempengaruhi perkembangan anak di lintasan seperti melalui pemodelan perilaku yang diinginkan, atau memodifikasi kecepatan perkembangan dengan mengontrol jenis dan jumlah pengalaman.

 

aifs.gov.au

Beberapa faktor yang juga dapat mempengaruhi lintasan  diantaranya  budaya keluarga, pendapatan dan sumber daya keluarga, dan kualitas hubungan orangtua-anak. Model lintasan pengasuhan ini membantu untuk menunjukkan bahwa  efektifnya peran orangtua  dalam membimbing anak sedemikian rupa sehingga dapat  memastikan anak mereka  berkembang dalam lintasan yang positif.

2 thoughts on “Peran Orang Tua Mempengaruhi Anak Menjadi Seorang Pengusaha

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s