Wanita Mandiri Secara Finansial Lebih Menyukai Pria Tua Yang Menarik

The 'George Clooney effect' is prevalent among well-off women, researchers say Picture: Getty Images

 

Beberapa orang menyebutnya Efek  George Clooney (George Clooney Effect). Para psikolog di Skotlandia telah menemukan bahwa kaum wanita yang  mandiri secara finansial lebih menginginkan pria berusia lebih  tua  dan menarik sebagai pasangannya.

Pada studi sebelumnya telah ditemukan  bahwa para wanita  lebih menekankan pada seorang pria yang dapat mendukung kehidupan pribadinya. Sedangkan pria lebih mementingkan pada wanita dengan penampilan yang baik. Studi baru yang  dipublikasikan dalam edisi online terbaru jurnal Evolutionary Psychology telah menunjukkan  kaum wanita  yang hidupnya lebih mandiri, maka seleranya terhadap pria  benar-benar berubah.

Hasil studi juga  menunjukkan bahwa kemandirian keuangan yang lebih besar membuat wanita mempunyai rasa percaya diri yang lebih besar dalam memilih pasangannya. Preferensi naluriah  seperti  stabilitas secara materi dan keamanan menjadi kurang penting tetapi  justru daya tarik fisik dan usia pasangannya yang lebih tua  menjadi lebih penting, .

Kepala  penelitian  Dr Fhionna Moore dari University of Abertay Dundee mengatakan bahwa penelitian sebelumnya menunjukkan  pria lebih mementingkan daya tarik fisik ketika memilih pasangan, sedangkan wanita lebih fokus pada apakah seorang pria bisa menyediakan sumber daya material. Asumsinya adalah  kaum wanita selalu menginginkan suatu yang  lebih dari pasangannya. Sama halnya dengan pria yang mempunyai  kecenderungan lebih memilih pasangan wanita yang lebih muda dan  menarik dibandingan dengan wanita yang mampu memberikan keturunan dan merawat anak-anak.

Dengan lebih mandiri secara finansial maka sebenarnya  wanita  lebih menyukai pria yang lebih tua. Jadi  hal ini menunjukkan bahwa  kemandirian keuangan yang lebih besar membuat wanita  lebih percaya diri dalam pilihan  pasangannya yaitu pria yang lebih tua dan menarik.

Penelitian dilakukan secara online terhadap 3.770 peserta heteroseksual, dimana  jumlah pria  dan wanita yang menjadi peserta seimbang.  Penelitian meliputi hal-hal yang berkaitan dengan latar belakang,  situasi pribadi, dan tingkat kemandirian keuangan. Para peserta melakukan pemeringkatan beberapa kriteria diantaranya ketertarikan fisik, prospek keuangan dan rasa humor dalam urutan kepentingan. Kemudian hasil peringkat tersebut dibandingan dengan pendapatan  dan kemandirian keuangan para peserta.

2 thoughts on “Wanita Mandiri Secara Finansial Lebih Menyukai Pria Tua Yang Menarik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s