Sekelompok Anak Usia 8 Tahun Publikasikan Studi Ilmiah Tentang Lebah

A buff-tailed bumblebee (Bombus terrestris). Wikimedia Commons/Alvesgaspar

 

Apabila anda saat ini seorang mahasiswa pascasarjana sudah saatnya merasa malu dan jangan marah apabila dikatakan pemalas karena tidak produktif mengeluarkan berbagai tulisan ilmiah. Baru-baru ini sebuah kelompok anak sekolah di Inggris  berusia 8-10 tahun telah mempublikasikan paper ilmiah dalam jurnal ilmiah Biology Letters edisi 22 Desember 2010.

Paper ilmiah yang seluruhnya ditulis berdasarkan suara  anak sekolah tersebut telah menemukan bahwa lebah dapat belajar untuk  menggunakan hubungan spasial antara warna  bunga yang mengandung nektar dengan bunga yang tidak mengandung nektar. Demikianlah Wired Science melaporkannya. Neuroscientist Beau Lotto dari University College London , yang membantu proyek anak-anak  ini mengatakan bahwa ini bukanlah  sebuah  permainan umpet-umpetan, tetapi peninjau mengatakan metode suara yang digunakan oleh  anak-anak tersebut sungguhlah unik dan menarik.

 

bee-figure (P.S. Blackawton et al/Current Biology)

Kertas dan video tambahan tersedia secara online. Kertas itu sendiri menggambarkan seorang tokoh yang sedang mengerjakan sesuatu dengan  pensil berwarna. Disamping itu bantuan pub lokal yang  menawarkan Coke gratis kepada anak-anak sementara mereka menulis  naskah sampai selesai.

 

bee-chart (P.S. Blackawton et al/Current Biology)

Studi ini mungkin hanyalah kertas ilmiah biasa yang  mengandung  unsur emoticon. “Kami kemudian menempatkan lebah ke dalam tabung dan menyimpannya ke dalam kulkas sekolah (dan membuat pie lebah:)),” tulis anak-anak untuk menjelaskan bagaimana anak-anak  menenangkan lebah sehingga mereka bisa mengoleskan lebah-lebah  dengan cat untuk membedakannya.

Tujuan utama dari proyek ini adalah untuk mendapatkan anak-anak  yang tertarik dalam bidang sains. Dan hasil yang diperoleh adalah  penelitian ini berlangsung sukses dan  meriah.

 

coloring-figures (Courtesy of Beau Lotto.)

” Sains itu sangatlah menyejukkan  dan menyenangkan karena Anda bisa melakukan hal-hal yang belum pernah dilakukan sebelumnya ” tulis anak-anak tersebut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s