Perubahan : Kunci Dalam Setiap Hubungan

 

transformation and change (arttherapyblog.com)

” Perubahan Adalah  Kunci Dalam Setiap Hubungan “

Demikianlah nasehat almarhum bapakku dulu. Perubahan seperti apakah ? Perubahan yang lebih baik dan ini berkaitan erat dengan hakikat hijrah yang dilakukan oleh Rasulullah SAW.

Dalam setiap hubungan ? Ya dalam setiap hubungan. Hubungan asmara/percintaan, bisnis, pertemanan, persaudaraan dan lain-lain. Kalau tidak ada perubahan yang lebih maka lebih baik mulai membatasi diri dan jangan sampai terlibat lebih dalam dalam hubungan yang sia-sia tanpa makna.

Baru-baru ini saya kedatangan beberapa anak muda yang berusia 17-25 tahun yang bercerita banyak hal tentang hubungan asmaranya. Bahkan ada yang merasa kebingungan dan bertanya bagaimanakah hubungan asmara dengan lain jenis dapat berjalan baik dan langgeng. Saya kembali katakan bahwa kuncinya adalah perubahan. Perubahan yang membawa kedua pihak menjadi lebih baik dan bukan saling memanfaatkan atau saling merasa dirugikan apalagi hanya sekedar seks. Kalau tidak terjadi perubahan maka hubungan tersebut jangan diteruskan karena tidak akan membawa kebaikan bagi kedua belah pihak.

Selain itu ada beberapa kolega bisnis, teman dan saudara yang bercerita tentang hubungan atau interaksi yang terasa statis tanpa ada sesuatu yang luar biasa atau minimal ada kemajuan dalam berhubungan. Masing-masing individu menunjukkan keegoan atau keakuannya tanpa pernah mau berubah tempat dari yang biasanya pendengar menjadi pembicara atau sebaliknya. Semuanya ingin mendominasi dan bukan saling mengisi kekurangan dan memberikan kelebihan yang dimiliki dengan sikap yang arif tanpa menggurui.

Jadi kita harus bisa menjadi agen perubahan dan bukan diam di tempat karena dunia selalu bergerak dinamis. Saat ini mungkin senang dan dalam beberapa detik bisa berubah menjadi sedih. Jadi kita harus bisa menyikapinya dengan  pemikiran yang jauh ke depan demi kebahagiaan bersama dan bukan untuk kebahagiaan sendiri. Karena sia-sialah kebahagiaan untuk diri sendiri tanpa bisa memberikan dampak kebahagiaan orang lain terutama orang-orang yang terdekat dan lingkungan sekitar.

Ingatkah dengan hukum fisika Newton yaitu Aksi = – Reaksi ? Hukum Newton tersebut jelas sekali terbaca sebuah makna dimana setiap aksi pasti dikuti oleh reaksi. Jadi kalau aksi kita berupa perubahan posirtif maka akan memberikan reaksi yang positif. Maka itu kita harus selalu menjadi yang terdepan dalam melakukan perubahan dan mengurangi reaksi tanpa mendapat efek dari perubahan sehingga kita bisa dikatakan sebagai manusia  penuh aksi  dan berpikiran positif supaya kebiasaan negatif yang hanya bisa reaksi dan dilingkupi oleh pikiran negatif.

Sekali lagi kunci hidup dalam setiap hubungan dengan bentuk dan model apapun adalah Perubahan. Perubahan yang membawa diri menjadi manusia yang sebenar-benarnya manusia dan bukan orang. Maksudnya ? Silahkan mencari jawaban sendiri-sendiri dan jangan tanyakan kepada penulisnya🙂

 

” Jangan sekali-kali menghentikan orang yang sedang berbicara maka hilanglah kesempatan mendapatkan sebuah kebenaran. Jangan sekali-kali mengabaikan orang memberikan ilmu maka hilanglah kesempatan menjadi orang alim … (Syekh Gentong) “

 

When you feel you’re alone
cut off from this cruel world
your instincts telling you to run

listen to your heart
those angel faces
they’ll sing to you
they’ll be your guide
back home where life leaves us blind
love keeps us kind
it keeps us kind !

when you suffered it all
and your spirit is breaking
you’re growing desperate from the fight

Remember your loved
and you always will be
this melody will always bring
you right back home

When life leaves us blind
Love, keeps us kind!
When life leaves us blind
Love keeps us kind!

Ohhhhhh Ohhhhhhh!
Ohhhhhhh Ohhhhhh!
Ohhhhhh Ohhhhhhh!

2 thoughts on “Perubahan : Kunci Dalam Setiap Hubungan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s