Potensi Kunyit Kering Dan Kebiasaan Lama

tanamanjamu.wordpress.com

 

Kami menjual KUNYIT KERING RAJANG kualitas export dengan spesifikasi sebagai berikut :

1. KUNYIT KERING RAJANG
2. Kadar air max.10%
3. Kadar Curcuma max. 3,4%
4. Kadar Curcumanoid 5,8%
5. Warna kuning orange cerah tanpa jamur, kering patah
6. Kemasan PP bag
7. Disertai hasil tes.

Begitulah bunyi iklan di dunia maya mengenai pemasaran kunyit kering. Mungkin kita sudah sering membaca iklan demikian tetapi pertanyaannya adalah apakah spesifiksai yang disampaikan dan jumlah kunyit kering yang disampaikan tersebut benar adanya.

Sebelum menjawabnya maka saya ingin menceritakan sedikit pengalaman selama 12 tahun berkecimpung di dunia empon-empon atau bahan baku untuk jamu. Terus terang saya kurang begitu menguasai produksi dan kebutuhan kunyit kering untuk bahan baku jamu secara nasional. Tetapi saya merasa yakin bahwa belum ada satu institusi/perorangan yang dapat memastikan seberapa besar kebutuhan dan produksi kunyit kering secara nasional sekalipun Departemen Pertanian atau Pusat Data Statistik.  Jadi belum ada database yang valid, ajeg dan sahih mengenai kunyit kering pada khususnya dan empon-empon pada umumnya.

 

Kunyit Kering Iris Super (dok. Cech)

Baru-baru ini saya membantu seorang pengusaha yang sedang mencari kunyit kering untuk produk jamunya. Dengan sedikit pengalaman dan pengetahuan akhirnya saya bisa menemukan salah satu perusahaan yang menyatakan dirinya sebagai suplier bahan-bahan baku jamu terutama kunyit. Dikatakan kalau perusahaannya memproduksi kunyit kering 3-5 ton per minggu. Dengan data yang diberikan dan tampaknya meyakinkan, akhirnya saya dan teman pengusaha melakukan janji serta deal harga dengan perusahaan tersebut. Kemudian seminggu lagi kami akan datang berkunjung ke tempatnya di luar kota Jakarta. Kami pikir waktu seminggu adalah waktu yang cukup untuk mereka mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik diantaranya kunyit kering sebanyak 2 ton dulu dan angkutan yang katanya bisa membantu mencarikan angkutan ke Jakarta.

Tepat seminggu, kami datang ke tempatnya, dengan wajah gembira sang teman pengusaha sudah bisa membayangkan dengan adanya pasokan kunyit tersebut maka produksi jamunya dapat berjalan lancar. Apalagi dia telah dikirim sampel kunyit kering dengan speksifikasi yang ditawarkan dan sesuai dengan yang diinginkan.

Tetapi apa lacur ? Sesampainya di perusahaan tersebut, kunyit yang kami cari hanyalah 2 kuintal. Bayangkan permintaan 2 ton dan dikatakan siap ternyata hanya ada 2 kuintal alias 200 kg. Kami sempat berpandangan satu sama lain dan bertanya ada apa gerangan yang terjadi ? Apakah waktu seminggu tidak cukup ? Apakah kami salah mendengar penawaran seminggu yang lalu? Apakah kami salah waktu datangnya ? Apakah kami dianggap bukan pembeli yang potensial bagi perusahaan tersebut ?

Ternyata pertanyaan-pertanyaan di atas hanyalah pertanyaan semu yang dijawab dengan entengnya dan klasik. Kok klasik ? Ya klasik karena dari 12 tahun saya terjun ke duania empon-empon selalu saja jawabannya sama yaitu menyalahkan musim hujan dan bukan musim panen kunyit. Saya hanya bisa tersenyum kecut dan untuk tidak stres maka saya tertawa meledak-ledak hahahahaha… Abisnya kalau yang meledak-ledak marahnya tho tidak akan menyelesaikan masalah juga.

 

Kunyit Kering Iris Standar (dok. Cech)

Mengapa hal itu bisa terjadi ? Klasik dan selalu klasik jawabannya. Apakah mereka tidak tahu musim panen kunyit ? Apalagi saya sempat perhatikan kunyit yang dipanen belum waktunya atau belum berumur 7 bulan sehingga hasil pengeringan kunyit tidak baik yaitu hitam dan berjamur karena kadar air yang masih tinggi dan ditambah musim penghujan juga.  Intinya adalah mereka tidak memperhatikan atau mengajarkan petani untuk melaksanakan pola tanam yang baik berdasarkan kondisi tanah dan musim di daerah dimana petani binaan mereka tinggal.

Sudah hanya 200 kg ehhh penampakan kunyit kering tidak cerah alias kusam, berjamur dan cepat layu serta tidak getas pada saat dipatahkan. Bagaimana solusinya ? Akhirnya kami meminta kepada perusahaan untuk diajak ke petaninya langsung agar kami bisa melihat proses produksi pengeringan walaupun kami harus menambah waktu menginap di hotel (sampai 3 hari dari 1 hari yang direncanakan).

Kunyit Utuh Kering (Finger) (dok.cech)

 

Benar saja, apa yang saya lihat sesuai dengan dugaan. Bagaimana bisa memenuhi permintaan 2 ton kunyit kering kalau petani melakukan pengeringan dengan hanya mengandalkan matahari di musim penghujan di akhir tahun. Terus pertanyaannya adalah apa fungsi perusahaan sebagai penampung hasil pengeringan kalau tidak mau membantu petani dengan memberikan atau menyewakan alat pengeringan atau oven dengan kapasitas sedang 200-300 kg kunyit basah. Padahal perusahaan tersebut sudah sangat diuntungkan dari selisih harga yang jauh dari harga petani.  Dimanakah simbiose mutualismenya ? Embuhlah jawaban saya dalam hati…. Kok tidak berubah ya cara kerja, pola pikir dan kinerjanya. Semuanya masih mengikuti kebiasaan lama yang tidak pernah belajar dari kekurangan-kekurangan yang ada selama ini.

Saya pikir waktu 12 tahun akan terjadi perubahan besar dalam kinerja dan hasil produksi kunyit kering. Ternyata perubahannya tidak signifikan dan mengandalkan sistem konvensional terutama di tingkat petani.

Selain itu semuanya menyamaratakan. Maksudnya ? Para petani tidak diberitahukan mengenai jenis kunyit yang laku di pasaran. Karena penggunaan kunyit kering di pasaran ada 2 pangsa yaitu pangsa pertama untuk industri makanan, minuman, dan jamu. Yang kedua untuk industri kosmetik. Kedua pangsa tersebut masih dibagi lagi berdasarkan kualitas. Jadi harus dipahami dengan benar oelh petani atau pengepul agar mendapatkan pangsa pasar yang bagus dengan harga yang tinggi.

Sebagai penutup, potensi kunyit baik dalam bentuk basah, kering dan bubuk sangatlah besar. Sayangnya belum ada database yang jelas dan benar tentang supply and demand. Segala suatunya masih meraba-raba alias baru katanya. Katanya negeri pertanian tetapi bangsa ini tidak mengerti potensi yang dimiliki. Bagaimana ini ? Salahkah Departemen Pertanian ? Perusahaan jamu ? Pemerintah Daerah ? Pemerintah Pusat ? Perguruan TInggi ? Kuncinya adalah GOODWILL dari pihak-pihak yang berkompeten terhadap kemajuan pertanianan bangsa Indonesia terutama komoditi empon-empon.

37 thoughts on “Potensi Kunyit Kering Dan Kebiasaan Lama

  1. wahhh, terimakasih infonya. sy sedang menanam kayu keras di jombang, blitar, kediri, tulungagung, nganjuk dan Madiun. Luas +/- 1.200 hektar.Saat ini sy sedang memikirkan tanaman tumpangsari yang bisa dijamin pasar dan kelanjutan pasarnya. Mohon, bila tidak keberatan, sy dihubungkan dengan teman Bapak yang pengusaha jamu. sy biasa merajang temulawak & kunyit & dikeringkan, utk diminum sendiri, tentu dg kualitas premium. Kalo misalkan bisa dibuat MoU diawal terkait kerjasama jual-beli, saya siap. Dengan langkah tersebut berarti anda telah turut menyukseskan gerakan pemberdayaan masyarakat.Bapak bisa menghubungi saya, Agustin Sukistyanawati di 087870327900 dan 081331727252, atau via account FB saya di alamat email ini.terimakasih sebelumnya.

  2. kami juga mengeringkan empon2,terutama kunyit dan temu.mohon beri alamat ke kami temen anda yg membeli empon2 agar kami bisa menjual hasil kami

  3. memang banyak yang salah di negri ini, uda parah tapiu jgn nambah bikin parah lagi donk dengan ngasih kita pertanyaan2 spt itu. kasih solusinya donk yg dalam hal ini adalah: umur kunyit siap panen? teknik perjangan kunyti? teknik pengeringan kunyit? klo anda bisa ngasih itu ke petani dan pengepul baru aq salut. klo cuma gini doang mah omdo. email me

  4. saya menjalankan usaha pengeringan kunyit, mungkin anda punya teman yang butuh kunyit kering bisa hub saya di pesawat 081235145757 Ridwan
    oya anda kan sudah 12th di dunia bisnis empon2. bisa bagi2 ilmu tentang merajang kunyit agar hasilnya kering super??

  5. Wah..boleh dong share pengalamannya nih Mas Rudd tentang gimana caranya untuk mendapatkan hasil keringnya yg terbaik seperti warnanya gak gelap (cerah) , serta tanpa adanya jamur .. dengan cara pengeringan manual (matahari) & oven (mesin)..maklum newbie , jd butuh tuntunan dari orang yg berpengalaman di bidangnya..khususnya empon-empon seperti Mas Rudd yg udah punya pengalaman 12 tahun.

  6. blog dan tulisannya menarik Pak..

    saya tertarik dengan bisnis kunyit ini..
    langkah yang ingin saya lakukan adalah dengan menerapkan qms pada sistem kerja, sehingga lebih prosedural dan terdapat standar hasil yang diinginkan..

    bisa bapak jelaskan detail perusahaannya Pak? biar saya dapat menghindari perusahaan tersebut. jika bapak berkenan, saya tunggu dengan email saya danu.witoko@gmail.com.

  7. Dear Bung Ruddabby,
    Jual Kunyit kering jari dan slice, kapasitas 100 ton per bulan.. lokasi Jawa Barat, Kapasitas pengeringan oven 5 ton kering per hari. Email: wrdy2000@ yahoo.com, 0812 1221 8022, thanks

  8. Tolong gmn cara proses produksi kunyit kering yang kualitas bagus dgn biaya yang minim.bisa hubungi sy di 082189405553 ato .sy menghubungi dmn ya

  9. ada yg bener serius gk disini , saya siap diajak kerjasama masalah kunir . entah basah maupun kering . saya punya barangnya dalam jumlah besar

  10. Salam kenal Bung Ruddabby Mantabs Sharingnya. Boleh menjalin silaturahmi untuk sharing ilmu mengenai dunia kunyit dan empon2. Salam sukses

  11. pak rud mohon pencerahan untuk kunyit kering yang bagus,,,maksud saya cara perajangannya dll…
    mohon info nya saya tunggu emailnya,,,rhu_dhie15po@yahoo.com
    thanks…

  12. Untuk yg serius saja, daerah kmi pnghasil empon terbesar ttpi kmi msih ksulitan ttng pengolahan yg berkualitas pasar krna pengaruh iklim,, bagi tmen2 yg sudah lama brglut dan siap menampung silahkan menghubungi saya di pesawat 085958598845 kami siap untuk bekerja sama. Dgn tujuan untuk memberdayakan masyarakat..

  13. salam kenal bung ruddabby,
    sebelumnya sy pingin tau berapa hrg kunyit basah di jakarta, kbetulan di kampung sy bnyk petani kunyit. mungkin ada yg berminat utk menampung atau kerja sama, sy siap angkut sampe jkrt. mungkin utk awalnya bertahap tapi jika ada yg serius selanjutnya sy usahakn utk penuhi kuota. terimakasih salam sukses

  14. sala mr.Rudd, saya sangat tertarik, (baru mau mencoba) bisnis empon2, klo bisa tolong kasih alamat kontak perusahaan/person yg sekiranya bisa menerima hasil empon2, baik kering/ basah (kunyit, jahe). terima kasih sebelumnya…..

  15. bagi temen2 yg mnbutuhkn kunyi kering , saya punya barangnya . tolong bagi yg membutuhkan kabari saya di 085648804506 , daerah saya jombang jawa timur, segera infonya serta harga perkilonya baik jering maupun basah. ditunggu

    1. pak saya punya banyak kunyit rajang sudh kering ..mungkin ada tmen2 bpk yn mmbutuhkn bsa menghubungi no.tlpon sya :08522567159 / 085748537365

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s