Ingin Tampak Lebih Muda ? Jalan Bareng Dengan Orang Lebih Tua

Hasil studi  yang diterbitkan dalam  jurnal Vision Research edisi 23 November 2010 ini sangatlah menarik untuk disimak. Para ilmuwan yang melakukan studi tersebut memberikan sedikit tips sederhana agar anda tampak kelihatan lebih muda tanpa harus melakukan operasi plastik, botox atau krim anti keriput yang mahal harganya yaitu sering jalan  bareng dengan orang-orang yang lebih  tua.

How to look younger (beauty-tips-123.blogspot.com)

Para peneliti menemukan bahwa kita  sering mengurangi umur   seseorang  jika  sebelumnya kita  telah melihat gambar orang yang lebih tua. Atau sebaliknya kita melebihkan  usia  seseorang setelah melihat gambar orang yang lebih muda. Peneliti Holger Wiese dari Universitas Jena di Jerman mengatakan sebenarnya orang-orang mampu menebak umur seseorang dengan baik. Namun dalam percobaan ini, para peneliti  dapat mengubah persepsi subjektif wajah.

Para peneliti meminta 24 orang dewasa usia muda untuk melihat masing-masing  15  wajah  perempuan dan laki-laki. Setiap gambar direkayasa agar wajah-wajah orang tersebut terlihat seperti berusia 20, 30, 40, 50, 60 dan 70 tahunan. Secara sistematis para relawan salah memperkirakan usia orang lain setelah mereka telah melihat  wajah orang-orang dari kelompok usia tertentu dengan  intens.

Misalnya, jika banyak wajah orang berusia   tua yang ditampilkan di komputer pertama dan diikuti dengan wajah orang berusia menengah maka  para relawan memperkirakan  secara substansial orang berusia menengah tampak  lebih muda. Tapi setelah  mempelajari wajah berusia muda maka  para sukarelawan memperkirakan orang usia menengah  secara substansial tampak  lebih tua.

Efeknya terasa kuat jika seri wajah tua dan wajah muda memiliki  jenis kelamin yang sama. Hasil penelitian memperhatikan usia dan jenis kelamin para sukarelawan tetapi para peneliti belum tahu berapa lama efek tersebut terus berlangsung.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s