Tjiploekpun Hanya Bisa Diam

1295978785642272047
ps3.ign.com

 

Tampak tjiploek dengan tatapan kosong tanpa arti. Tiba-tiba datanglah seorang teman,

” Woiii Ploek, mengapa kamu melamun ? “

” Eh kau Darda, Aku tidak melamun kok ? “

” Hehehe ahhh kamu berbohong padaku, ploek ? Ada apa sebenarnya ? Boleh saya tahu apa yang sedang menjadi pikiranmu ? “

” Hmm apa ya ? Hehehehe, ah tidak saya hanya merasa heran saja dengan apa yang terjadi beberapa hari ini “

” Memangnya apa yang terjadi, Ploek ? Saya kok belum dapat beritanya “

” Saya hanya merasa sedih karena apa yang saya katakan kepada orang-orang yang dekat dengan saya, semuanya tidak digubris. Angin lalu bahkan saya dikatakan sedang mengkhayal. Semua itu tidakmungkin terjadi. Begitulah yang dikatakan “

” Emangnya apa yang kamu katakan, Ploek ? “

” Banyak hal, sesuatu yang kurang baik dan berkenan bagi teman-teman saya, Da “

” Ohhh gitu.Mungkin kamu salah menyampaikannya “

” Saya kurang tahu ya.Mungkin saja tetapi apa yang saya katakan sebagai perhatian agar mereka berhati-hati dan siap menghadapi segala kemungkinan terjelek. “

“Nah itu masalahnya,Ploek. Kamu terlalu terbuka bicaranya dengan mereka “

” Tidak, saya tidak bicara terbuka. Saya menggunakan bahasa kiasan dan halus sehingga mereka dapat memahaminya “

” Contohnya apa “

” Harus beri contoh ?”

” Ya dong, bagaimana saya tahu bahasamu terbuka atau tidak. “

“Baiklah, tetapi ini rahasia kita berdua dan hanya satu contoh saja yang akan diberikan. “

” Oke, saya akan jaga rahasianya. Tetapi omong-omong mana kopinya.Kamu khan jago meracik kopi. Saya kangen dengan kopi buatanmu “

” Ahhh bisa aja. Baiklah akan sayabuatkan. Tunggu ya “

Tjiploekpun segera bergegas masuk ke dalam rumahnya dan dalam beberapa menit, Tjiploek sudah membawa 2 gelas kopi panas.

” Silahkan diminum, Da. Oh ya rokokmu keluarkan dong hehehehe “

“Iya ya ya tahu saja saya membawa rokok kesukaanmu. “

Tjiploek dan Darda langsung menikmati hidangan kopi dan rokoknya.

” Gimana, Ploek bisa dilanjutkan ceritanya ?”

” Okay, begini kamu kenal Lena dan Dewa “

” Kenal dong. Mereka khan kawan kita. Pasangan serasi yang sebentar lagiakan melangsungkan pernikahan khan ? “

” Iya tapi tahukah kamu kalau sebelumnya Dewa akan pergi ke Inggris untuk bekerja. “

” Saya baru tahu nih. Memangnya ada hubungan apa antara pernikahan mereka dengan kerja di Inggris ? “

” Suatu hari Lena datang ke rumah saya, Da. Dia minta pendapat saya mengenai pekerjaan Dewa. Lena bertanya apa sebaiknya yang harus dilakukan. Apakah menikah dulu atau menikah kemudian setelah Dewa mapan di Inggris ? Alasannya adalah orang tua. “

” Orang tua ? Ada apa dengan orang tua ? Orang tua Lenakah ? “

” Ya, orang tua Lena. Sebenarnya orang tua Lena kurang menyetujui hubungan Lena dengan Dewa “

” Lho kok bisa. Saya baru tahu Ploek “

” Iya karena orang tua Lena menganggap Dewa bukanlah pasangan yang ideal dengan Lena. Alasan utamanya adalah perbedaan umur yang jauh. “

” Mengapa perbedaan umur menjadi masalah ? Yang penting mereka saling mencintai. “

” Benar kamu, Da tapi tidak bagi orang tua Lena. Mereka kurang berkenan dan meminta Lena berpikir matang sebelum mengambil keputusan. Mereka kuatir bagaimana kondisi Lena 20 tahun yang akan datang dimana Dewa sudah berusia uzur. “

” Lha memangnya perbedaannya berapa sih ? “

” 14 tahun !!! “

” 14 tahun ahhh tidak masalah. Coba kita bandingkan dengan Rasulullah dengan Siti Khadijah… 15 tahun dan semuanya berlangsung baik-baik saja “

” Iya, Da tapi tidak bisa semudah itu berpikirnya. Apalagi jaman sekarang berbeda dengan jaman dulu. Walaupun tujuan sama yaitu ibadah. Masalah jodoh atau tidak tergantung bagaimana pasangan tersebut menjalaninya. “

” Terus apa yang kamu sarankan kepada lena ? “

” Sebetulnya sudah lama saya bicara dengan Dewa dan Lena. Bila saatnya nanti akan datang sebuah masalah yang akan menghadang perjalanan cinta mereka. Datangnya setan-setan yang masuk ke dalam manusia-manusia di sekitar mereka “

” Maksudnya, Ploek ? “

” Ya, saya katakan nanti bila menjelang keberangkatan Dewa ke Inggris dan ini sebelum pergi maka akan banyak godaan yang menggiurkan sehingga mereka akan dipenuhi oleh kebimbangan-kebimbangan yang akan membuat hubungan mereka bisa renggang kecuali mereka sudah mantap dan meyakinkan diri kalau ” show must go on” apapun yang akan terjadi. “

” Terus apa yang dikatakan oleh mereka tentang hal tersebut “

” Mereka hanya tertawa dan itu hanya kekuatiran seorang Tjiploek yang tidak berdasar “

” Lalu apa yang terjadi ? “

” Yang saya kuatirkan terjadi. Belum juga Dewa berangkat ke Inggris, tiba-tiba datang seorang pria yang konon adalah mantan Lena menyatakan dirinya untuk melamar Lena dan ngotot akan terus mengejarnya walaupun tahu Lena telah memiliki calon suami. Begitulah setan masuk dengan mudahnya menggoda manusia “

” Lantas apa yang dilakukan Lena ? “

” Putus hubungan dengan nyamuk hahahaha . Enggak deng Lena memutuskan semua jalur komunikasi dengan pasangannya tersebut. “

” Bagus dong “

” Iya itupun saya yang mengusulkan, Da. Tetapi ada lagi peristiwa yang cukup mengagetkan “

” Apa itu Ploek ? “

” Tiba-tiba Lena ditelpon oleh seorang bapak, yang ternyata adalah orang tuanya mantan tunangannya dulu yang kabur dan tidak bertanggung jawab meninggalkan Lena. Padahal kedua keluarga tinggal membicarakan hari pernikahan mereka. “

” Lha apa lagi nih, Orang tua tersebut bilang apa kepada Lena. Kok serius sekali “

” Bapak orang tua mantan tunangannya dulu mengatakan kalau tunangannya masuk rumah sakit jiwa. Stress dan dirawat secara intensif oleh seorang psikiater. Setiap hari mantan tunangannya tersebut harus meminum obat anti depresan “

” Apa maksud Bapak tersebut dengan menceritakan hal tersebut ? “

” Lena hanya mengatakan bapak mantan tunangannya tersebut hanya memberi kabar saja. Tapi saya tidak percaya dan benar saja ujung0ujungnya adalah meminta Lena untuk kembali kepada mantan tunangannya tersebut. Parahnya Bapak tersebut telah menelpon orang tua Lena dan menyatakan niatnya “

” Terus apa yang terjadi ? Apakah orang tua Lena menyetujuinya ? “

” Nah inilah pangkal permasalah mengapa Lena datang meminta saran kepada saya, Da. Orang tua Lena menyetujui dan menjodohkan kembali dengan mantan tunangannya dulu. Dengan alasan Lena masih mempunyai rasa cinta dan kemanusiaan. Apalagi mereka dulu sudah hampir menikah kalau saja mantan tunangannya tidak kabur dengan wanita lain “

” Rasa cinta ? Kemanusiaan ? Pikirannya dimana tuh orang tua Lena, dengan mudahnya menyetujui permintaan orang tua mantan tunangannya dulu. “

” hehehehe saya pun juga heran. Tetapi ketika saya tanya apa jawaban Lena ? Dia menjawab tidak akan kembali kepada mantan tunangannya dulu. Semuanya adalah masa lalu. Masa depannya adalah Dewa walaupun umur mereka berbeda jauh “

” Mantap kali jawabannya Lena. Senang saya mendengarnya “

” Jangan senang dulu, Da. Orang tua Lena khan tidak setuju dengan Dewa yang terlalu matang bagi Lena. “

” Hahahaha kok terlalu matang dipermasalahkan. Khan makin baik kalau memang sudah matang apalagi terlalu matang hahahaha . Bagaimana dengan Dewa ? “

” Dewa ? “

” Ya Dewa. Emangnya siapa ? “

” Hehehehe kok kamu jadi sewot. Dewa mengatakan kepada saya kalau dia tetap akan menikahi Lena dengan segala kekurangan dan kelebihan. Dengan niat yang baik dan ikhlas, Dewa yakin Allah akan mengijabahi hubungan mereka dan direstui oleh orang tua Lena. Apalagi katanya dengan kepergiannya ke Inggris sduah cukup memberikan jawaban tentang keseriusannya untuk membangun rumah tangga yang lebih baik. Dewa mengatakan bukan saatnya untuk membantah. Inilah saatnya untuk membuktikan dengan perbuatan. “

” Terus bagaimana kelanjutannya ? “

” Diawali dengan bismillah akhirnya Dewa menghadap ke orang tua Lena dan mengungkapkan semua rencananya ke depan dengan Lena. Walaupun awalnya dicuekin oleh orang tua Lena tetapi dengan kesabarannya maka orang tua Lena mulai bisa menerima keberadaan Dewa. Tapi dengan syarat ? “

” Syarat ? Apa syaratnya Ploek ? “

” Orang tua Lena meminta Dewa untuk membuktikan omongannya kalau Dewa bisa membahagiakan puterinya. Dewa mengatakan kalau dirinya sanggup membuktikan omongannya. Setelah setahun bekerja di Inggris maka Dewa akan membawa Lena ke Inggris tapi Dewa meminta sebelum berangkat diperkenankan untuk menikah secara agama dan negara tanpa pesta pernikahan. Ijab Qobul secara sederhana saja. Ini dilakukan untuk menghindari dan mencegah datangnya setan-setan yang akan mengganggu hubungan Dewa dan Lena “

” Lantas apa jawaban Orang tua Lena ? “

” Orang tua Lena meminta Dewa untuk membuktikan kemapanannya di Inggris. Setelah setahun dari sana maka diperkenankan untuk membawa Lena ke Inggris dengan ikatan suci yang diridhoi oleh Allah. Tetapi orang tuanya menjamin selama setahun akan berusaha untuk menjaga dan melindungi Lena dari godaan para pria yang ingin meminangnya “

” Wah menarik, berarti Lena dipingit selama setahun dong hahahaha “

” Ya gitu dech. Tetapi hal ini belum selesai karena setahun itu merupakan cobaan bagi Lena dan Dewa untuk tetap melanggengkan hubungan cinta mereka ke arah ikatan suci berupa pernikahan. “

” Setuju Ploek !!! Terus mengapa kamu bengong tadi. Apakah kamu harus diam lagi ? “

” Hehehe ini baru satu contoh, Da. Berulang kali saya mengingatkan orang-orang yang dekat dengan saya tentang kejadian-kejadian yang kurang mengenakkan dan akan terjadi dalam kehidupan mereka tetapi mereka hanya bisa tertwa dan mencibir seperti Dewa dan Lena pada saat saya mengatakan akan datangnya setan-setan yang akan menggangu hubungan mereka. Apakah sebaiknya mulai saat ini saya diam ? “

” Hmm saya tidak bisa menjawab Ploek. Tapi saya meminta kamu jangan diam bila melihat kejadian yang akan terjadi pada diri saya ya Ploek hehehe “

” Hah !!! Dasar…. Diam lagi ahhhhh “

” Ploek… Ploek …Ploek jangan diam dong “

Keduanya terdiam dan saling berpandangan penuh arti. Senyum keduanya memberikan nuansa persahabatan.

 

2 thoughts on “Tjiploekpun Hanya Bisa Diam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s