10 Cara Agar Pikiran Manusia Tetap Tajam

Seiring dengan bertambahnya usia maka manusia mengalami penurunan kemampuan sendi dan paru-paru secara perlahan-lahan. Tetapi tidak bagi otak manusia.  Berikut adalah beberapa tips agar pikiran manusia tetap tajam yang ditulis oleh Robin Nixon,  Staff Writer LiveScience dan diterjemahkan secara bebas dengan tujuan menambah wawasan dan pengetahuan tentang kesehatan tubuh kita.

Lakukan sesuatu!

running exercise (livescience)


Para ilmuwan mulai berpikir bahwa olahraga aerobik yang teratur merupakan hal terpenting yang dapat dilakukan untuk kesehatan otak  dalam jangka panjang. Sementara jantung dan paru-paru merespon keras pada saat kita melakukan sprint di atas treadmill maka otak  semakin bugar juga pada  setiap langkahnya.Untuk kebugaran mental, dibutuhkan  aktivitas fisik  sedikitnya 30 menit setiap hari.

Makan, makan dan makan

Buah-buahan dan Sayur-sayuran (livescience.com)


Terlalu banyak atau  sedikit  energi memberikan kompleksitas pada mesin otak yang halus. Diet glikemik rendah – serat tinggi dengan jumlah  lemak dan protein yang moderat  lebih lambat dipecah  dalam tubuh dibandingkan dengan makanan glisemik tinggi seperti permen dan pati putih. Sebuah kecepatan tetap pencernaan dalam usus memberikan aliran  energi ke otak yang lebih handal sehingga  mengoptimalkan kesehatan organ dan kinerja jangka panjang.

Perhatikan Pola Makan

Diet Yang Teratur (livescience.com)


Pola makan yang tidak teratur  dapat membuat otak lesu dan mengakibatkan kerusakan otak pada jangka panjang. Selain itu  terlalu sedikit kalori juga dapat merusak fungsi otak. Diet yang  ekstrim dapat menyebabkan perasaan yang mungkin mendasari kecanduan anoreksia tetapi banyak penelitian juga mengaitkan  diet dengan  kebingungan dan gangguan memori.

Merawat Tubuh

Merawat Tubuh (livescience.com)


Sebagian besar penyakit seperti diabetes tipe II,  obesitas, dan hipertensi  dapat mempengaruhi otak manusia juga. Sistem kesehatan yang terpadu berhubungan erat  dengan peningkatan risiko penurunan kognitif dan gangguan memori. Dengan menjaga sistem peredaran darah  dalam mekanisme kerja tubuh dengan  menghindari rokok dan lemak jenuh maka dapat mengurangi serangan kerusakan otak yang berkaitan dengan usia.

Tidur Yang Nyenyak

Tidur Nyenyak (livescience.com)


Ketika kita beristirahat dan mimpi, memori dalam otak mengalami proses penyaringan yaitu  beberapa dibuang, yang lain konsolidasi dan disimpan.  Sebuah studi baru menemukan bahwa bila kita tidak tidur maka protein terbentuk  pada sinapsis sehingga  membuat sulit untuk berpikir dan belajar hal yang  baru. Selanjutnya, kronis tidur buruk (berbeda dengan tidak cukup) terkait dengan penurunan kognitif pada usia lanjut walaupun mungkin hubungannya tidak kausal.

Menikmati Kopi

Menikmati Kopi (livescience)


Beberapa bukti menunjukkan bahwa kebiasaan mengkonsumsi  kafein dapat melindungi otak. Menurut studi longitudinal besar, dua sampai empat cangkir  sehari dapat mencegah penurunan kognitif normal dan menurunkan kejadian Alzheimer sekitar  30-60 persen. Tidak jelas apakah manfaat  tersebut datang dari kafein atau antioksidan yang ditemukan dalam kopi dan teh, tetapi latte dapat meningkatkan kognisi pada sore hari dan beberapa dekade dari sekarang.

Makan ikan

Daging Tuna (livescience)


Beberapa  teori pengenalan manfaat  ikan bagi diet manusiayang berkaitan  evolusi dari kecakapan luar biasa kognitif manusia. Asam lemak esensial (Omega 3) sangat penting untuk fungsi otak dan terbukti bermanfaat untuk mengobati penyakit melemahnya kemampuan otak (depresi). Tetapi beberapa penelitian tentang kemanjuran suplemen Omega 3 memiliki hasil yang beragam tergantung asal dan dosis dari sumber makanan seperti biji rami, lemak ikan dan hewan diberi makan rumput.

Tenang Dan Santai

Yoga Exercise (livescience.com)


Stres mempercepat  kerja  otak untuk  mencuci bahan kimia berbahaya pada  hippocampus dan daerah otak lainnya yang terlibat dalam memori. Beberapa ilmuwan menduga bahwa hidup gaya hidup seimbang dan  kegiatan santai seperti yoga, sosialisasi dan kerajinan dapat menunda gangguan memori dengan mengurangi stres.

Hindari Suplemen

generic pills tablets (livescience.com)

Baru-baru ini suplemen memberikan dampak yang kurang baik bagi kesehatan. Bahkan mengkonsumsi multivitamin dianggap membuang-buang uang saja.Pil otak, seperti ginkgo dan melatonin dianggap “tempat sampah” juga. Meskipun asal-usul mereka dikatakan alami tetapi tetap memberikan  potensi efek samping, seperti tekanan darah tinggi, gangguan pencernaan, masalah kesuburan dan depresi. Dan di antara orang yang sehat, ginkgo tidak menawarkan manfaat bagi  otak dibandingkan dengan  plasebo. (Dalam beberapa kasus, plasebo bekerja lebih baik.)

Mengasah Otak

livescience.com


Apakah teka-teki silang, sudokus dan permainan asah otak lainnya dapat  menjaga ketajaman pikiran manusia ? Jawabannya adalah belum tentu. Namun kurangnya pendidikan merupakan prediktor kuat penurunan kognitif. Semakin manusia berusaha untuk belajar maka  semakin baik  ketajaman  pikiran manusia sampai usia tua nanti. Kuncinya adalah  menangani sesuatu yang baru karena  mencari tantangan yang baru  lebih menguntungkan  bagi ketajaman pikiran  daripada mengerjakan  teka-teki yang sama berulang kali.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s