Rantai Babi dan Kata Kunci Sebuah Blog

Tidak seperti awal-awal bergabung di Kompasiana, intensitas menulis saya turun drastis. Hal ini disebabkan oleh kemalasan dan kesibukan kerja tetapi lebih banyak malasnya. Sejak pindah ke Fiji, aktivitas menulis seperti berat untuk dilakukan. Ternyata benar dengan peribahasa “Alah Bisa Karena Biasa”. Menulis itu butuh kebiasaan alias terus melakukan dalam setiap kesempatan.

Sebenarnya banyak yang bisa ditulis dalam kehidupan sehari-hari terutama segala hal yang ada di sekitar kita. Asalkan kita jeli untuk mengamatinya. Banyak tema tulisan yang bisa dibuat berdasarkan pengalaman. Dari pengalaman itulah kita bisa berbagi dan memberikan manfaat bagi banyak orang.

Di tengah kesibukan kerja, kadangkala saya masih sempatkan waktu untuk melihat blog pribadi dan yang saya suka adalah melihat statistik pembaca blog saya setiap harinya. Ada satu hal yang menarik didapatkan dari kebiasaan melihat statistik tersebut yaitu Search Engine Term dari blog WordPress.

13200586232130497296
Search Engine Term (dok.Cech)

Penemuan kata kunci yang tanpa sengaja tersebut  membuat saya mencoba untuk mencari tahu tentang tema atau hal apa yang disukai oleh para pembaca terhadap blog saya ini. Setelah 6 bulan, ternyata saya menemukan kata kunci RANTAI BABI yang menjadi tema favorit para pembaca di blog saya. Kemudian saya telusuri lagi dengan Google Search maka saya mendapatkan tulisan tentang Rantai Babi tersebut menempati posisi teratas selama hampir 9 bulan terakhir ini.

Pada awalnya saya tidak menghiraukan tulisan tersebut karena saya pikir tema tentang Rantai Babi hanya diminati oleh beberapa kalangan yang memang mengerti dan menggeluti benda satu ini. Selain itu benda satu ini bisa menimbulkan banyak persepsi yang cenderung negatif. Apalagi benda tersebut lebih identik dengan hal-hal yang berbau mistik.

13200588141443958498
Tulisan Rantai Babi di blog pribadi menempati posisi teratas. Alhamdulillah ya sesuatu🙂 (dok.cech)

Banyak komentar bersahutan pada tulisan saya tersebut dan bukan itu saja banyak juga yang mengirim email untuk menanyakan tentang rantai babi termasuk bisnis ghaib ini (menurut beberapa pembaca tulisan tersebut). Tetapi saya hanya melihatnya dari segi yang berkaitan dengan pengelolaan sebuah blog. Pengalaman saya menggarap blog belumlah seberapa. Banyak blogger yang memberikan tips bagaimana sebuah blog diminati oleh para pembaca terutama memilih kata kunci yang menjadi perhatian orang untuk membacanya. Bahkan ada yang mengatakan kalau perlu buat kata kunci seputaran seks agar blognya dikunjungi banyak orang walaupun kenyataannya tulisan  di blog tersebut tidak menyinggung sama sekali tentang seks. Atau tepatnya blog tersebut dibuat untuk keperluan bisnis saja.

Jadi menulislah dan tulislah apa yang dilihat, dirasakan dan dialami. Lakukan, lakukan dan lakukan, Tuhan tahu apa yang ada dalam pikiran manusia (nggak nyambung ya hehehe…). Tanpa disadari banyak orang yang mendapatkan manfaat dari tulisan kita.

Ruddabby

2 thoughts on “Rantai Babi dan Kata Kunci Sebuah Blog

  1. Chech, aq suka kalimat terakhirmu! “Jadi menulislah dan tulislah apa yang dilihat, dirasakan dan dialami. Lakukan, lakukan dan lakukan” …salam kenal yah!

Tinggalkan Balasan

