Tetek Dan Menetek

Menetek berasal dari suku kata tetek. Kata tetek sering dipakai oleh sebagian besar orang Indonesia yang lebih dikenal dengan payudara. Mungkin kata payudara dianggap lebih sopan tetapi tetap saja kalau seorang ibu sedang memberikan air susunya maka disebut “menetek”

Bagi banyak orang, menetek bayi merupakan kegiatan yang tidak bisa dilepaskan dari kaum wanita yang sudah memiliki bayi. Walaupun ada ibu yang tidak bisa memberikan air susunya karena alasan tertentu seperti tidak tersedia air susu di payudaranya, tidak normalnya hormon yang memproduksi air susu ibu, menderita sakit, takut payudaranya tidak seksi lagi kalau menetek bayinya dan lain-lain.

Aktivitas menyusuinya banyak memberikan manfaat bagi ibu dan bayinya. Ibu yang memberikan air susunya kepada bayi secara eksklusif setidaknya 6 bulan dapat menurunkan resiko tekanan darah tinggi. Sedangkan bagi bayi, air susu ibunya dapat membantu perkembangan otak, pertumbuhan tubuh dan secara tidak langsung bayi imun terhadap penyakit.

Bagi sang ibu, menetek bayi merupakan sebuah aktifitas yang menarik. Isapan sang bayi terhadap payudara ibunya seringkali menggelikan dan sedikit rasa sakit karena gigitan gigi sang bayi yang terus menerus menghisap puting payudaranya.

Kegeiatan menetek bayi di dalam rumah adalah hal biasa. Bagaimana dengan menetek bayi di tempat umum misalnya di dalam bus? Nah ini menariknya. kadangkala sang bayi sudah tidak sabar untuk segera menghisap tetek ibunya karena lapar, kepanasan, dan lain-lain sehingga bayi terlihat tidak nyaman dan uring-uringan dengan cara menangis sekeras-kerasnya. Di satu sisi ada nilai kepantasan yang harus dijaga oleh sang ibu. Apakah pantas memperlihatkan teteknya di depan umum walaupun sudah berusaha ditutupi dengan apapun atau suatu hal kelaziman bagi seorang wanita untuk buah hatinya.

msnbc.msn.com

Terlihat ada beberapa ibu yang membiarkan bayinya menangis sambil membujuk dengan kata-kata, makanan atau nyanyian. Ada juga yang tidak sungkan-sungkan segera membuka branya dan langsung memberikan teteknya untuk dihisap oleh sang bayi sehingga sang bayi tidak menangis lagi sampai tertidur pulas walaupun sang ibu tahu ada beberapa pria yang malu-malu melihat aktifitas menetek tersebut dimana tersembul tetek yang ranum dengan air susunya.

Go to hell dalam hati beberapa wanita yang tidak malu untuk memberikan air susu kepada bayinya. Paling segelintir saja pria-pria yang mempunyai pikiran ngeres atau macam-macam. Apa para pria tersebut tidak pernah melihat tetek wanita ? Hanya para pria tersebut yang tahu jawabannya.

Tetek dan menetek memang menarik perhatian dan bisa menimbulkan nuansa keanehan bila dilakukan di depan umum. Harusnya mereka sadar kalau menetek tersebut pernah mereka lakukan pada saat masih bayi dulu.

Sumber: D i s i n i

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s