Beberapa Alasan “Kreatif” Karyawan Datang Terlambat Kerja

Pernahkah anda datang terlambat kerja ? Jawabannya sudah pasti pernah. Kebanyakan karyawan di Indonesia mengatakan penyebabnya adalah kemacetan lalu lintas. Ternyata karyawan yang datang terlambat ke kantor bukan hanya terjadi di Indonesia . Mungkin seluruh dunia pernah mengalaminya termasuk Amerika Serikat.

Baru-baru ini CareerBuilder melakukan survei tentang alasan karyawan di Amerika Serikat datang terlambat kerja ke kantor. Yang paling umum alasannya terlambat datang ke kantor karena masalah  lalu lintas,  ketiduran (kurang tidur pada malam hari), cuaca buruk, mengantar anak-anak ke sekolah, menonton televisi sampai larut malam, penundaan jadwal transportasi, ada masalah dengan  pasangan dan hewan peliharaan.

13273029801420905066
best excuses (mnn.com)

Menurut survei tersebut dikatakan bahwa  secara keseluruhan 16 persen karyawan datang terlambat kerja setidaknya   satu kali dalam satu minggu dan hampir 30 persen datang terlambat setidaknya sebulan sekali. Keterlambatan datang ke kantor memberikan konsekunsi serius bagi karyawan. Satu dari tiga pengusaha yang dilakukan telah memecat karyawannya yang sering datang terlambat bekerja. Hal ini menandakan bahwa ketepatan waktu sangat mempengaruhi penilaian perusahaan terhadap komitmen, kehandalan dan kinerja seorang karyawan.

Ada hal yang menarik dari hasil survei tersebut yaitu karyawan di Amerika Serikat  sangat “kreatif” dalam memberikan alasan datang terlambat kerja. Beberapa alasan “kreatif”  yang dilaporkan dan tidak bisa diterima oleh pengusaha diantaranya :

1. Kucing karyawan mengalami cegukan.

2. Karyawan merasa  tergoda menonton acara TV “Today Show” hingga larut malam

3. Karyawati  berpikir telah memenangkan lotre, ternyata tidak.

4. Teman sekamar karyawan marah dan telah mencabut charger HPnya sehingga HPnya tidak bisa dicharge  yang berakibat alarm HPnya tidak berfungsi.

5. Karyawan yakin telah menghitung lamanya waktu perjalanan dari rumahnya ke kantor sehingga tidak akan datang terlambat.

6. Karyawan menuduh  rubah telah  mencuri kunci mobil sehingga harus mencari dulu kunci mobilnya.

7. Karyawan mengatakan kakinya terjepit  pintu kereta bawah tanah (benar adanya).

8. Karyawan mengatakan  dirinya tidak terlambat karena dia tidak punya niat  bekerja sebelum 9 pagi padahal waktu kerja dimulai jam 8 pagi.

9. Karyawan terlambat karena ada wawancara kerja dengan perusahaan lain.

10. Karyawan harus menerima panggilan pribadi dari gubernur negara bagian (benar adanya).

Survei ini melibatkan  lebih dari 3.000 orang hiring manager and human resource professional dan 7.780 orang karyawan di Amerika Serikat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s