XENIA : KEREN… NYAMAN…IRIT… BANGGA…

Xenia (Greek: ξενία, xenía) is the Greekword for “foreign” or “strange”/”stranger”, or of foreign origin. The concept of hospitality, or generosity and courtesy shown to those who are far from home is “philoxenia”. The word “philos” meaning “friend” and the word “xenia” meaning “stranger”, thus “friend of the stranger”. It is often translated as “guest-friendship” (or “ritualized friendship”) because the rituals of hospitality created and expressed a reciprocal relationship between guest and host. (Wikipedia)

Dari penjelasan di atas maka Xenia berarti asing atau orang asing. Tetapi lain Yunani, lain Indonesia. Xenia terkenal sebagai merek mobil Daihatsu dan bersama kembarannya Avanza dari Toyota identik dengan kendaraan keluarga. Kedua merek kendaraan tersebut adalah hasil inovasi PT Astra International Tbk yang merupakan pemegang ATPM Daihatsu dan Toyota.

Kedua jenis kendaraan keluarga ini sangatlah fenomenal. Sejak dilansir bulan Januari 2004 sampai Oktober 2011 tercatat penjualannya menyentuh angka 981.230 unit sehingga memberikan kontribusi sebesar 22 % terhadap pasar otomotif Indonesia.

Dalam tulisan ini, saya hanya ingin membicarakan tentang Xenia. Dalam beberapa hari ini, nama Xenia menjadi akrab di telinga masyarakat Indonesia. Penyebabnya adalah peristiwa kecelakaan di depan Gedung Kementerian Perdagangan jalan Ridwan Rais yang telah menewaskan 9 orang. Xenia yang tadinya dikenal sebagai kendaraan keluarga, tiba-tiba namanya mencuat bak meteor di langit sehingga kata Xenia berubah artinya dari asing menjadi tidak asing/makin terkenal.

Lihat saja bagaimana media massa selalu menyertakan nama Xenia pada musibah tersebut seperti Xenia Maut, Kecelakaan Xenia Maut dan sebagainya. Saya memprediksikan kalau nantinya ada yang ingin membuat tugu/monumen di lokasi kejadian maka akan dinamai Tugu/Monumen Xenia karena kedengarannya lebih pas. Dan tidak mungkin menamakan Tugu/Monumen Afriyani Susanti.

Yang menjadi pertanyaan adalah apakah persepsi konsumen terhadap sebuah merek akan berubah dratis akibat suatu peristiwa besar yang mengoyak emosi masyarakat? Apakah akan ada peningkatan penjualan dari sebuah produk karena peristiwa tersebut (iklan gratis akibat sering disebut-sebut namanya)? Atau malah sebaliknya?

Menarik untuk disimak. Lihat saja bagaimana reaksi PT Astra Daihatsu Motor dalam menyikapi  peristiwa ini.

“Dengan tidak mengenyampingkan para korban kecelakaan tersebut. Kondisi para penumpang di dalam kendaraan Daihatsu Xenia yang baik-baik saja adalah salah satu bukti bahwa Daihatsu Xenia diproduksi dengan baik dan telah melewati proses pengecekan kualitas yang ketat dari PT ADM,” demikian bunyi pernyataan pers PT ADM yang diterima VIVAnews.com, Selasa 24 Januari 2012.

Tim dari Technical Service PT ADM bersama Polda Metro Jaya juga telah melakukan penyelidikan awal terhadap aspek teknik kendaraan Daihatsu Xenia B 2479 XI. Dari hasil penyelidikan awal, menemukan beberapa komponen yaitu tabung minyak rem, master dan booster rem, kanvas rem, pedal rem, serta cakram rem dalam kondisi yang baik atau tidak masalah.

Sebelumnya, berbagai pihak memang sempat mempertanyakan sistem dan fitur keselamatan dari mobil terpopuler (Avanza-Xenia) di pasar otomotif Indonesia ini. Terutama dalam hal uji tabrak berskala internasional.

Dari cuplikan berita di atas terlihat produsen Xenia segera melakukan antisipasi agar persepsi yang ingin diciptakan kepada masyarakat pada iklannya baru-baru ini bahwa Xenia adalah kendaraan keluarga KEREN… NYAMAN… IRIT… BANGGA. Apakah itu benar adanya dan persepsi yang terbentuk tetap terjaga ? Atau malah Xenia identik dengan pengendara mautnya dimana KEREN karena kehidupan sosialitanya. NYAMAN karena aman-aman saja (tidak ada yang menghakimi langsung setelah kejadian atau tidak mengalami cidera fatal walau telah terjadi tabrakan hebat dengan bukti mobilnya tidak hancur total). IRIT karena cukup dengan satu Xenia yang mungil bisa membunuh 9 orang. BANGGA karena dengan peristiwa tersebut dirinya menjadi terkenal di seluruh Indonesia.

Lihat iklannya D I S I N I

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s