Sunset ! Itulah Awal Kehidupan

Tahun Baru 2014 Masehi telah dilewati. Seluruh dunia menyambutnya dengan meriah dan semarak. Petasan, kembang api dan pesta berlangsung dimana-mana. Apa yang didapat dari Tahun Baru tersebut ? Masing-masing individu manusia yang dapat menjawabnya karena itulah hak asasi manusia dalam menyikapi itu semua. Tetapi saya tidak akan mengupas tentang hal tersebut. Terus apa yang menarik dong ?

Menjelang berakhirnya akhir tahun 2013, saya melihat matahari terbenam cantik pada tanggal 31 Desember 2013 menjelang senja. Kejadian matahari terbenam (sunset) mengingatkan saya kepada teman-teman yang suka fotografi. Mereka berlomba-lomba mengabadikan momen indah ciptaan Sang Khalik walaupun secara pasti tiap hari akan terjadi sunset tetapi tetap saja sunset memiliki sesuatu yang indah. Luar Biasa Indahnya.

Lone Survivor 1

Lone Survivor 2

Lone Survivor 3

Bagi saya, sunset bukan hanya mencari momen keindahan alam tetapi mengandung makna filosofis. Sunset itulah awal kehidupan makhluk-makhluk ciptaan Tuhan terutama umat manusia. Saya teringat dengan cerita Uyut bahwa awal hari itu dimulai pada saat matahari terbenam bukan saat matahari terbit. Itulah yang melandasi awal perhitungan hari orang-orang jaman dulu sebelum mengenal tanggalan Masehi. Penjelasannya bagaimana?

Manusia sebelum diciptakan atau dilahirkan atau tidak ada dimulai dari kegelapan. Coba ingat-ingat kembali saat masih dalam kandungan (rahim) ibu. Saya yakin tidak ada yang mengingatnya dan yang ada hanya kegelapan saja. Tiba-tiba keluar menangis melihat sinar kehidupan dan terdengar suara azan yang dikumandangkan oleh bapak kita khususnya umat Islam. Jadi awalnya kehidupan itu dari gelap atau hampa atau nol.

Hal itulah yang membuat saya tertarik untuk mengabadikan Sunset karena momen itulah kita memasuki gelapnya malam dan mulai kontemplasi dan introspeksi diri tentang apa saja yang sudah dilakukan pada siang harinya. Dan di gelapnya malam itu pula seluruh tubuh kita secara alami mengistirahatkan diri untuk mengembalikan kalori yang hilang dari aktifitas siang hari dan mengembalikan sel-sel tubuh yang sudah saatnya diganti yang baru agar kita tetap fit dalam menjalankan aktifitas keesokan harinya. Indahnya sunset dan refreshing tubuh merupakan 2  hal manfaat yang diperoleh dalam menyambut dan memasuki kegelapan hari karena itulah awal kehidupan kita dalam menyongsong kehidupan yang baru. Dan itu pula saya menyatakan diri dalam Golongan Hitam (GOLTAM) hahahaha.

6 thoughts on “Sunset ! Itulah Awal Kehidupan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s