Japan Trip : Terima Kasih Ta-Q-Bin

Sengaja saya memulai tulisan tentang perjalanan ke Jepang pada awal Maret 2017 lalu tentang Ta-Q-Bin. Nama Ta-Q-Bin bagi sebagian besar masyarakat Indonesia adalah nama yang terdengar asing. Apakah Ta-Q-Bin ?

Ta-Q-Bin adalah merek dagang sebuah perusahaan Jepang, Yamato Transport C0., Ltd. Dari nama perusahaannya sangat jelas perusahaan tersebut bergerak di bidang jasa pengiriman barang. Bagi traveller atau turis asing yang datang ke Jepang terutama dari Eropa dan Amerika sudah mengenal Ta-Q-Bin  dan sering menggunakan jasa pengiriman barang mereka selama di Jepang.

Saya mengetahui Ta-Q-Bin dari seorang teman yang baru saja jalan-jalan ke Jepang pada bulan Desember 2016. Menurut Teman, Ta-Q-Bin sangat membantu mereka terutama koper-koper besar dan kardus-kardus yang berisi barang oleh-oleh dari Jepang sehingga selama menikmati perjalanan di Jepang mereka hanya membawa ransel saja. Mendengar cerita teman tersebut maka kami pikir bagus untuk memakai jasa Ta-Q-Bin.

Dari awal, kami sudah merencanakan membawa 2 koper besar dan kecil untuk oleh-oleh dan pakaian. Kemudian selama perjalanan di Jepang dimana kami akan berpindah-pindah dari Tokyo ke Kyoto, Kyoto ke Kansai International Airport, Osaka cukup membawa dua buah ransel layaknya backpacker.

black-cat-kuroneko-yamato

index_img_01
Dok. Ta-Q-Bin

Tanggal 1 Maret 2017 pukul 23.30 WIB kami berangkat dari Soekarno-Hatta International Airport, Tangerang dan tiba di Haneda International Airport Tokyo, Jepang pada pukul 08.50 waktu Jepang tanggal 2 Maret 2017. Setelah melewati pemeriksaan Imigrasi Jepang, kami segera mencari lokasi Ta-Q-Bin di Bandara Haneda. Dengan lambang Kucing Hitam membawa Anak Kucing Hitam khas Ta-Q-Bin, kami pikir akan mudah menemukan lokasinya. Setelah bertanya ke bagian informasi ternyata Ta-Q-Bin berada dalam satu tempat dengan bagian barang maskapai penerbangan Jepang ANA.

Karena di Tokyo, kami hanya satu malam maka kami mempersiapkan beberapa pakaian yang akan dibawa ransel  dan beberapa barang yang diperkirakan memberatkan selama jalan-jalan kami simpan di koper besar. Setelah itu kami membawa 2 koper besar kami  ke Ta-Q-Bin. Dengan pelayanan petugas yang ramah dan membantu pengisian form pengiriman barang yang berbahasa Jepang sehingga kami merasa nyaman dan yakin 2 buah koper kami akan aman dan sampai ke tujuan.

20170322_133339
Dok. Cech

Kedua koper  kami ditimbang dan dihitung volumenya. Ta-Q-Bin hanya menerima koper dengan berat maksimal 25 kg. Selain itu volume koper dan tempat tujuan menentukan besaran biaya pengirimannya.Kedua koper tersebut, kami meminta untuk dikirim ke Hotel Green Rich Hotel di Kyoto dan tiba pada pukul 14.00 keesokkan harinya. Perhitungan biaya pengiriman sangat jelas. Kami dikenakan biaya pengiriman untuk 2 koper sebesar 3.700 Yen (sekitar IDR 436.600). Kami pikir biaya tersebut wajar sehingga kami tidak harus membawa-bawa kedua koper tersebut selama jalan-jalan di Tokyo atau melakukan perjalanan dari Tokyo ke Kyoto keesokan harinya.

Setelah urusan pengiriman kedua koper, kami dengan 2 buah ransel langsung melanjutkan perjalanan ke Gotemba dan Hakone. Pergerakan kami leluasa selama di sana dan dapat menikmati suasana perjalanannya terutama saat berada Gotemba Premium Outlet dan di dalam bus.

Keesokan harinya menjelang siang, kami menggunakan Shinkansen N 700 ke Kyoto. Sesampainya di Kyoto Station dengan berjalan kaki. kami dapat melenggang santai tanpa harus membawa-bawa koper besar menuju Green Rich Hotel yang letaknya tidak jauh dari Kyoto Station. Di Green Rich Hotel, resepsionis memberitahu kami bahwa kedua koper sudah berada di dalam kamar. Benar saja, kedua koper sudah berada di kamar dan setelah diperiksa kedua koper dalam kondisi baik dan tidak rusak sama sekali.

IMG-20170303-WA0028
Dok. Cech

Karena kami tinggal di Kyoto selama 4 malam maka kami memutuskan untuk mengirimkan beberapa koper yang berisi pakaian dan oleh-oleh pada tanggal 6 Maret 2017. Setelah melakukan wisata ke beberapa lokasi di Kyoto dan membeli barang keperluan barang pribadi dan oleh-oleh maka pada tanggal 6 Maret 2017, kami meminta hotel untuk menghubungi Ta-Q-Bin untuk mengirimkan dua koper besar dan satu koper kecil berisi oleh-oleh ke Kansai International Airport, Osaka, Jepang. Memang kami akan pulang ke Indonesia via Osaka.

Perlu diketahui, Ta-Q-Bin telah melakukan kerjasama dengan hotel, mini market, stasiun kereta api, terminal bus, bandar udara, mal besar dan lain-lain sehingga kami tidak perlu datang ke kantor Ta-Q-Bin. Di beberapa lokasi tersebut tersedia form pengiriman barang dengan mudah dan perhitungan biaya yang sudah standar dan mudah menghitungnya. Pengiriman dua koper besar dan satu koper dikenakan biaya 7.000 Yen (sekitar IDR 826.000)

ClXBX0iVAAEy3PQ
Beberapa sign Ta-Q-Bin yang mudah dilihat di beberapa lokasi di Jepang
200806261357001
Contoh sign Ta-Q-Bin yang sering terlihat di depan mini market

Sama dengan saat di Tokyo,  Kami hanya membawa dua ransel dalam perjalanan dengan kereta api dari Kyoto ke Osaka. Sesampainya di Osaka Station, kami jalan-jalan dahulu ke beberapa tempat wisata di Osaka sebelum ke Daiwa Roynet Hotel, Osaka tempat kami menginap selama 1 malam. Kami tiba di Osaka pada tanggal 7 Maret 2017.

Pada tanggal 8 Maret 2017 pukul 07.00 kami sudah meninggalkan hotel dan menuju Kansai International Airport Osaka dengan menggunakan kereta api. Sesampainya di Kansai International Airport, kami tidak mengalami kesulitan untuk mencari lokasi Ta-Q-Bin karena berada satu lokasi dengan bagian pengiriman barang maskapai JAL dan dekat dengan booth check in Garuda Indonesia.Dengan menunjukkan copy form pengiriman, tanpa membutuhkan waktu lama 2 koper besar dan satu koper kecil milik kami diserahkan dalam kondisi baik. Setelah itu kami langsung menuju boot check in Garuda Indonesia. Begitulah cerita tentang Ta-Q-Bin, merek dagang jasa pengiriman barang yang sangat membantu kami dan para turis asing terutama yang membawa keluarga sehingga tidak perlu direpotkan oleh bawaan koper-koper yang  berat bebannya. Sekadar informasi Ta-Q-Bin juga terdapat di Malaysia dan Hongkong. Terima kasih Ta-Q-Bin sehingga perjalanan kami di Jepang menjadi sangat menyenangkan. ありがとうございます Arigatou gozaimasu

IMG-20170308-WA0034
Booth Ta-Q-Bin di Kansai Internasional Airport, Osaka (Dok. Cech)
index_img_02
Dok. Ta-Q-Bin
Iklan

3 respons untuk ‘Japan Trip : Terima Kasih Ta-Q-Bin

  1. Pak Ruddabby, sy mau nanya kl sy mau kirim koper ke hotel harus konfirmasi ke pihak hotel terlebih dahulu tidak? Dan kapan seharusnya sy konfirmasi apakah wkt sy sblm berangkat ke jpn atau pas sy pake jasa ta-Q-bin?

    1. Ga perlu, yang penting hotelnya dah jelas dibooking. Pas di ta Q bin ntar ditanya mo dikirim kemana. Kalau masih di Tokyo paling sampai dlm 1 hari. Kalau lain kota paling lambat 2-3 hari tergantung kotanya. Setibanya di bandara manapun di Jepang, koper anda bisa dikirim via ta Q bin ke hotel tanpa harus konfirmasi. Ta Q bin terpercaya kok. Terima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s